Serangga Terbesar Dunia Ditemukan di Selandia Baru

Posted by ngunik On Rabu, 07 Desember 2011 0 komentar

Ini jelas bukan berita bagus bagi mereka yang mengidap entomophobia, atau fobia terhadap serangga. Seorang bekas jagawana yang sedang berwisata di Selandia Baru menemukan serangga terbesar di dunia: seekor weta.

Bentangan sayapnya mencapai 18 cm, sementara bobotnya 3 kali bobot tikus.

"Kami bertiga menyusuri pulau kecil ini selama dua malam, menyisir tetumbuhan guna mencari weta raksasa," kata Mark Moffett, 55. "Sudah berjam-jam kami habiskan tanpa hasil, sebelum akhirnya kami melihat serangga ini di atas pohon. Weta raksasa adalah serangga terbesar di dunia, dan yang kami temukan ini adalah yang terbesar yang pernah ada."

Kebanyakan orang tentu ketakutan begitu melihat weta raksasa — tapi Moffett justru meletakkan serangga itu di telapak tangannya dan memberinya wortel untuk dimakan.

"Dia menikmati wortel yang saya beri, sepertinya dia cuek saja sedang berada di tangan kami," kata Moffett, yang sengaja memberi makan perlahan-lahan karena tidak mau ambil risiko membahayakan serangga itu. Setelah mengambil foto, Moffett pun menaruh kembali weta raksasa itu ke pohon.

Weta berumur 180 juta tahun, sudah ada sebelum dinosarurus, tetapi sempat diperkirakan sudah punah.