Candi Borobudur Bakal Dipasangi CCTV

Posted by ngunik On Kamis, 03 Februari 2011 0 komentar
 
Candi Borobudur Bakal Dipasangi CCTV
Candi Borobudur
REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG- Kompleks Candi Borobudur akan dipasang kamera pemantau (CCTV) untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan di objek wisata warisan budaya dunia tersebut.

Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Marsis Sutopo, di Magelang, Rabu (2/2), mengatakan pemasangan CCTV di areal candi akan dimulai pada tahun ini.

"Kamera pemantau tersebut akan dipasang di sejumlah titik penting seperti pintu masuk dan area candi," katanya saat menerima kunjungan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Edward Aritonang, di candi tersebut.

Marsis mengatakan selama ini sistem pengamanan yang dilakukan terhadap Candi Borobudur dan lingkungan sekitar sudah berjalan baik. Hal ini didukung kerja sama dan koordinasi yang baik antara Balai Konservasi dan Unit Borobudur.

"Pihak Balai Konservasi dan Unit Borobudur juga selalu berkoordinasi dengan polisi pariwisata untuk menjaga keamanan," katanya.

Kapolda Jateng, Edward Aritonang menyatakan siap memberikan pengamanan sesuai kebutuhan di sejumlah daerah wisata. Terutama objek wisata warisan budaya dunia seperti Candi Borobudur ini. "Kami bersedia membantu pengamanan Candi Borobudur," katanya.