Tips Mendidik Anak Penting bagi para orang tua

Posted by ngunik On Sabtu, 19 Februari 2011 0 komentar
Tips Mendidik Anak : Penting bagi para orang tua
Kalau helm yang kita titip di penitipan helm di mall hilang, kita pasti marah besar ( apalagi kalu helm nya berlabel DOT atau SNELL), tidak lupa kita semburkan kata-kata mutiara kepada sang penjaga…Nah, anak adalah titipan Tuhan, kata orang bijak. Oleh karena itu rawat lah sang titipan dengan sepenuh hati, jangan sampai Sang Penitip Marah.
Mendidik anak di jaman yang serba cepat berubah seperti sekarang gampang-gampang susah, bisa dibilang gampang jika kita tinggal memaki dan menempeleng jika sang anak lakukan kesalahan, bisa juga jadi sulit jika kita harus meluangkan waktu untuk mengerti mereka.
Dibawah ini ada sedikit tips cara mendidik anak yang mudah-mudahan bermanfaat :

1. Jangan Paksakan kehendak,tetapi bimbing mereka dalam menapaki dan menatap dunia yang baru.

Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu
Mereka adalah anak-anak kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri
Mereka dilahirkan melalui engkau tapi bukan darimu
Meskipun mereka ada bersamamu tapi mereka bukan milikmu
Demikian potongan puisi Khalil Gibran
daddy_ambition
Ambisi orangtua

2. Ajak berkomunikasi sejak dalam kandungan

Beberapa ahli percaya, emosi sang ibu saat mengandung dapat berperan dalam pembentukan emosi sang jabang bayi. Beberapa dari mereka memperdengarkan lagu-lagu clasic untuk menstimulasi sang bayi (atau bisa juga lagu Heavy Metal jika ingin sang anak jadi rocker)
rocker_salute
Metal baby

3. Like Father Like Son

Memberi contoh yang baik, adalah lebih daripada seribu kata nasihat ( jika kita masih sering memaki-maki pembantu, bagaimana mungkin anak-anak kita bisa jadi anak yang santun dan menghargai orang…betul?) Jadikan anda figur yang bisa jadi raw model atau panutan mereka, daripada di kemudian hari panutan mereka adalh temannya yang bandar narkoba..
likefatherlikeson
like father like son

4. Biarkan mereka mengexplorasi hal baru

Jangan terlalu mengekang anak dengan mengatasnamakan rasa sayang, beri mereka ruang untuk mengekplorasi rasa keingintahuan mereka. Karena di mata mereka, dunia ini adalah hal yang menarik setiap saat. ( tidak seprti kita yang kadang bosan dengan kehidupan yang kita punya)
Living-on-the-Edge-16
Ekplorasi hal baru

5. Lindungi balita anda

Masa balita adalah masa-masa penting dalam pertumbuhan bayi, sekaligus masa dimana mereka mudah terserang penyakit. Sebaiknya usahakan pemberian ASI, karena sudah terbukti secara klinis dan medis bahwa pemberian ASI akan meningkatkat tingkat kekebalan dan kecerdasan sang anak ( daripada nanti kita harus banyak keluar uang buat ke dokter, dan masukan mereka ke kursus ini itu, lebih baik kasih ASI kan, murah dan baik.
babybox
Mengamankan bayi

6. Biarkan anak anda memilih Hobi nya

Jangan dihambat, jangan paksakan hobi anda pada mereka, apalagi hobi yang gagal anda dapatkan di masa kecil karna kekurangan biaya. Biarkan mereka memilih, jangan menafikan bahwa banyak orang sukses yang dimulai dari menjalakan hoby mereka.

Bukankah sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan kecintaan akan menghasilkan buah yang baik?

bravekid
Hoby Fotografi
computer_addict
Hobi komputer
Computer Hoby

7. Ajak mengikuti kegiatan Luar Ruang

Pergi Camping, memancing atau Hiking bisa membantu membentuk kemandirian dan keberanian mereka. Ajaklah, jangan takut akan serangga, atau lainnya. Apa kita sudah lupa bahwa sewaktu kecil kita sering bermain di kebun atau hutan tanpa takut apapun?
travelingaroundtown
Kegiatan luar ruang
INDONESIA
Kegiatan luar ruang 2 anak

8. Ciptakan hubungan yang baik antar Kakak dan Adik

Saling mencintai dan menghargai antar saudara adalah bekal mereka menghadapi kehidupan. Rasa penuh cinta dan penghormatan akan membawa mereka menjadi manusia yang utuh.
crazy_babystroll
Hubungan kakak dan adik

9. Agama

Yang terakhir dan terpenting, Ajarkan agama semenjak dini, karna itu akan menjadi benteng terhebat mereka dalam memaknai kehidupan. Jika anda tidak mengerti agama, jangan malu, datangkan guru ke rumah, untuk belajar bersama mereka. Karna hanya dengan Ridha Allah SWT lah mereka dapat tumbuh.


sumber : http://poskotak.blogspot.com/2011/02/tips-mendidik-anak-penting-bagi-para.html