Autonom, mobil untuk tahun 2030 nanti

Posted by ngunik On Minggu, 27 November 2011 0 komentar
Autonom merupakan kendaraan masa depan yang khusus didesain untuk tahun 2030.  Rancangan Charles Rattray ini khusus didesain sebagai salah satu pemecah kebuntuan masalah kemacetan di kota-kota megapolitan seperti Bangkok, Hanoi, Jakarta.
Konsep kendaraan masa depan ini dilengkapi dengan sistem kontrol drive-by-wireyang menggantikan komponen mekanis biasa dan memanfaatkan perkembangan teknologi eksponensial berlandaskan Hukum Moore. Para desainernya mengatakan bahwa Autonom terinspirasi dari dari teknologi intelijen, Biomimicry, kelestarian alam dan kemajuan teknologi.

Banyak hal yang dapat anda lakukan pada Autonom seperti, mengemudi, memantau jalan, berkomunikasi dengan teman dll hanya dengan menggunakan sistem komputer onboard yang sudah disediakan. Seperti layaknya gambaran masa depan pada film-film fiksi ilmiah, Autonom pada tahun 2030 akan menggunakan teknologi sensor yang saat ini masih belum bisa dijelaskan yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan data transportasi dalam bentuk 3D. Dan untuk mengetahui tingkat kemacetan, dan kondisi lain dari jalan, Autonom akan berhubungan atau tersinkron dengan sebuah database pusat. Disini Autonom tidak hanya sebagai pengakses data saja, tetapi juga sebagai pelapor juga. Sehingga akan terjadi simbiosis mutualisme antar pengguna jalan.
Ketika kendaraan masa depan ini melintas di jalan raya, secara otomatis kendaraan ini akan melakukan sinkronisasi gerakan mereka dalam “platoon mode” dan mengatur jarak satu sama lain dalam jarak 20cm. Dengan cara ini, Autonomo dapat mengurangi konsumsi energi. Dirancang khusus untuk kendaraan pribadi, Autonomo dapat membawa hingga 2 penumpang dengan ruang ekstra untuk bagasi pada bagian belakang. Nah siapa yang berminat silakan rajin olah raga dan makan makan bergizi agar masih hidup ketika tahun 2030 nanti... OK??!