Ditemukan Gen Penyebab Gangguan Organ Seks?

Posted by ngunik On Kamis, 20 Januari 2011 0 komentar
Sejumlah ilmuwan dari Murdoch Children Research Institute, Australia, mengklaim temuan baru berupa gen manusia yang dapat menyebabkan embrio laki-laki mengembangkan alat kelamin perempuan.



Andrew Sinclair dari lembaga penelitian itu berharap temuan tersebut dapat membantu diagnosis dan pengobatan gangguan perkembangan seks atau organ kelamin. Berita Teknologi Terbaru

Menurut laporan New Scientist, peneliti menunjukkan data bahwa satu dari 4.500 bayi memiliki mutasi gen yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan seks (DSD).

Ini yang seringkali menyebabkan alat kelamin ambigu atau penampilan fisik yang kontras dengan gender kromosomal mereka. Misalnya, anak perempuan yang tidak mengembangkan payudara atau memiliki rambut tubuh berlebihan.

Bersama Harry Ostrer dari New York University, Sinclair membandingkan gen dari 16 orang yang terkena DSD, di mana embrio laki-laki mengembangkan alat kelamin perempuan dan memengaruhi penampilannya secara keseluruhan. Hasilnya, semua partisipan memiliki mutasi pada gen MAP3K1.

Menurut Sinclair, gen MAP3K1 merupakan bagian dari lintasan signal kompleks yang mengarah ke pengembangan testis normal. "Gen ini adalah jalur genetik panjang untuk pengembangan testis," kata Roger Short, seorang ahli biologi reproduksi di University of Melbourne, Australia. Berita Internasional

Short sangat yakin bahwa gen ini memainkan peran penting dalam kasus DSD. Tim menerbitkan temuannya dalam American Journal of Human Genetics.