5 Langkah Mencegah Facebook Dari Serangan Hacking

Posted by ngunik On Senin, 31 Januari 2011 0 komentar
Kita pernah mendengar akun Facebook dihack untuk mendapatkan informasi pribadi, tapi mungkin kita tidak menyadari betapa mudahnya informasi kita digerogoti para hacker. Penargetan hacker saat ini adalah Facebook sebagai sumber utama mengumpulkan informasi pribadi seseorang. Seperti pencurian Chips Poker Facebook yang marak terjadi. Kita benar-benar harus punya rencana untuk melindungi akun kita. Berikut adalah beberapa tips yang cukup ampuh mencegah hacker meng-hack akun facebook kita :
  1. Gunakan kata sandi/password yang kuat
    Nama  sendiri, pasangan, orang tua, saudara atau ulang tahun, kata sandi ini biasanya sering digunakan orang dalam melindungi akun pribadinya. Hal ini malah mempermudah para hacker untuk melakukan kejahatan terhadap anda. Gunakan kombinasi huruf, angka atau tanda baca (tapi bukan spasi), bila memungkinkan untuk mengingat gunakan juga beberapa kombinasi huruf besar dan kecil. Semakin panjang password anda, maka semakin baik tingkat keamanan anda terhadap serangan hacking. Minimal kata sandi yang baik terdiri dari enam karakter, lebih dari itu akan lebih baik lagi. Jika anda sering lupa dalam mengingatnya, pertimbangkan dengan frase yang tidak biasa atau kombinasi kata yang hanya anda atau beberapa orang saja yang tahu, kemudian gantilah beberapa huruf dengan angka atau tanda baca. Kombinasi huruf mungkin membuat anda sulit untuk mengingat, simpan password berharga anda di tempat yang anda anggap aman. Atau terus menggunakan Forgot password yaitu pilihan untuk mereset password anda.
  2. Ubahlah password secara berkala
    Anda dapat mengubah kata sandi secara berkala melalui pengaturan. Disarankan mengganti kata sandi secara teratur setiap minggu ataupun setiap bulan.
  3. Jangan biarkan semua teman dekat mengetahui password anda
    Hindari menceritakan tentang kata sandi anda pada orang-orang sekitar  walaupun itu kerabat dekat atau pacar apalagi terhadap orang tidak terlalu dekat dengan anda. Ceritakan juga pada teman anda tentang bahayanya dari serangan dari hacker. Sehingga teman anda juga akan melalukan pencegahan dari hacking. Jika salah satu akun dari teman kita telah ter-hack, kemungkinan para hacker akan lebih mudah melacak informasi akun kita. Hacker pun dapat mengirim pesan melalui akun teman untuk memikat anda ke situs malware. *jadi istilahnya saling berhubungan*
  4. Jangan klik link sembarangan
    Jika anda melihat sebuah pesan dinding yang teman berikan dinding anda dan tampak mencurigakan, jangan anggap dulu teman anda yang melakukan, kemungkinan itu cara hacker untuk melakukan kejahatannya. Jika diklik anda akan dibawa ke sebuah aplikasi Facebook yang tidak diketahui. Contoh aplikasi AllFacebook Editor Nick O'Neill yang memposting kepalsuan seperti foto-foto dalam aplikasi itu.
  5. Jangan taruh keyakinan penuh tehadap pesan
    Curigai setiap pesan yang masuk di inbox anda. Misalnya, Facebook mengirim email yang meminta Anda untuk mengubah password atau masukkan informasi pribadi. Jika memang pihak Facebook membutuhkan untuk melakukan semua itu, pihak Facebook akan memberitahu Anda pada pengaturan akun. Anda dapat mengubah sandi atau informasi pribadi anda jika kesalahan tersebut terlanjur dilakukan.