Cara Sederhana Agar Rambut Bebas Ketombe

Posted by ngunik On Selasa, 18 Januari 2011 0 komentar
Serpihan putih di kepala atau ketombe bisa sangat merusak penampilan. Gangguan kulit kepala ini merupakan salah satu penanda adanya ketidakseimbangan dalam tubuh. Bila tak diatasi, ketombe menimbulkan gangguan lebih parah seperti kerontokan rambut atau luka di kulit kepala.

Cara mengatasi ketombe yang paling tepat menurut Times of India, adalah mengatur pola makan. Makan menu seimbang dengan kandungan seng, asam lemak omega-3, vitamin E dan B membantu menguatkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Batasi pula makanan yang mengandung ragi dan gula.

Minyak dalam rambut tak selamanya buruk. Bila kadar minyak dalam rambut normal, rambut akan bebas ketombe. Sehingga disarankan tidak mencuci rambut setiap hari. Hal lain untuk menghindari ketombe adalah penggunaan produk kecantikan seperti hairspray, mousse dan gel yang bisa menyebabkan kulit kepala kering, gatal dan mengelupas.

Gunakan sampo anti-ketombe, tetapi pastikan Anda tahu apa yang 'bahan aktif' di dalamnya. Bila ingin mencoba pencuci rambut yang lebih alami, bahan dengan kandungan asam seperti jus lemon, baking soda, daun teh atau cuka sari apel juga dapat digunakan.

Namun sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau dokter sebelum menggunakan perawatan alami yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.