Tomcat Serang Graha Amerta RSUD Soetomo

Posted by ngunik On Sabtu, 24 Maret 2012 0 komentar

Tomcat
Surabaya, 24/3 (ANTARA) – Serangga beracun tomcat (kumbang rove) di Kota Surabaya diketahui telah menyerang sejumlah tempat pelayanan umum salah satunya di Graha Amerta RSUD dr Soetomo, Sabtu.
Pantauan ANTARA di Graha Amerta RSUD Soetomo terlihat puluhan tomcat berada di lantai 5 khususnya ruang terbuka yang biasa digunakan orang merokok maupun anak-anak yang ingin melihat gedung di Surabaya dari atas gedung.
Selain itu, tomcat juga menyerang di lantai 7 dan sejumlah tempat lainnya di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jatim. Tomcat terlihat di atap gedung maupun lantai.
“Saya baru tau kalau ini adalah tomcat. Tadi dibilangin salah satu keluarga pasien,” kata Yanto, salah satu keluarga pasien yang di rawat di Graha Amerta.
Sebetulnya, lanjut dia, anaknya yang berumur 6 tahun telah menjadi korban keganasan tomcat pada saat mengantarkan kakeknya yang sakit di IRD RSUD Soetomo sebelum akhirnya di pindah ke Graha Amerta.
Mendapati hal itu, Yanto yang pada saat itu mengajak anaknya melihat gedung dari lantai lima seketika langsung keluar dari ruangan tersebut.
“Saya langsung memandikan anak saya. Masalahnya tadi sempat main-main di lantai, saya khawatir kena tomcat lagi,” ujarnya.
Menurut dia, tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terkena racun tomcat yang bisa mengakibatkan kulit gatal dan melepuh.
“Kemarin juga saya menghitung di sini ada sekitar 30 ekor tomcat,” kata keluarga pasien lainnya.
Sementara itu, salah seorang petugas jaga di lantai lima Gedung Graha Amerta saat diberitahu adanya tomcat mengatakan akan menindaklanjutinya. Pihak rumah sakit akan segera melakukan penyemprotan.
Sebelumnya, Dinas Pertanian Surabaya telah melakukan penyemprotan di sejumlah lokasi di 15 kecamatan di Surabaya.
Pada Jumat (23/3), Dinas Pertanian telah melakukan penyemprotan di kampus-kampus seperti Unair, ITS dan Unesa. Selain itu juga di kantor PT Kereta Api di Surabaya.