Masuk Timnas, Jordy de Kat Siap Jadi WNI

Posted by ngunik On Selasa, 25 Januari 2011 0 komentar
Jordy de Kat (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

  Pemain asal Belanda, Jordy de Kat, menyatakan bersedia menjadi warga negara Indonesia bila dipilih masuk Timnas U-23. Jordy juga siap bila diwajibkan mengikuti program pelatnas jangka panjang.

Jordy telah mengikuti latihan Timnas U-23, sejak Senin sore, 24 Januari 2011. Meski masih mengalami jetlag, pemain berusia 21 tahun itu langsung menarik perhatian pelatih Alfred Riedl.

"Dia (Jordy) tampil impresif. Dia masih jetlag, tapi sejauh ini penampilannya cukup meyakinkan," kata Riedl kepada wartawan, di Lapangan Timnas, Senayan.

Jordy sendiri mengaku tertarik bergabung dengan Timnas U-23. Apalagi, dia sudah mendapat lampu hijau dari kedua orang tuanya untuk menentukan kewarganegaraannya.

"Saya senang bermain di Indonesia. Kalau terpilih menjadi pemain Timnas, saya siap melepas paspor Belanda saya," kata Jordy kepada wartawan, dengan Bahasa Indonesia seadanya.

Soal kewajiban mengikuti pelatnas jangka panjang, Jordy menyatakan tak ada masalah. Menurut dia, klubnya, FC Oss, telah memahami keputusannya memperkuat Timnas U-23.

"Klub memang sangat kehilangan saya kalau pindah, tapi kalau saya ingin membela Timnas, mereka juga bisa mengerti, kok," kata putra pasangan James de Kat dan Anna Budijatie itu.

Jordy menjelaskan, dia sebenarnya telah dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas pada awal Januari lalu. Namun, saat itu dia tak bisa memenuhinya karena terbentur jadwal sekolah. "Awalnya, saya dipanggil oleh Iman Arif untuk seleksi. Namun, karena masih ada jadwal sekolah yang padat, saya tidak bisa hadir saat itu," katanya.

Jordy merupakan pemain Belanda keturunan Indonesia. Kedua orang tuanya berasal dari Semarang namun lalu menjadi warga negara Belanda. Saat ini Jordy masih memegang paspor Belanda. Pemain yang menempati posisi striker ini juga pernah tampil di laga amal yang digelar di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu